CPNS Badan SAR Nasional

Wednesday, August 20, 2014


Basarnas mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan, serta memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR nasional dan internasional. Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran dan/atau penerbangan, dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah yang dimaksud meliputi 2 hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue). Dalam melaksanakan tugas penanganan musibah pelayaran dan penerbangan harus sejalan dengan IMO dan ICAO.

Lowongan CPNS Badan SAR Nasional - Sejarah Basarnas dimulai dengan terbitnya Keputusan Presiden No 11 Tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang Badan SAR Indonesia (BASARI), dengan tugas pokok menangani musibah kecelakaan dan pelayaran. BASARI berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Presiden dan sebagai pelaksanan di lapangan diserahkan kepada PUSARNAS (Pusat SAR Nasional) yang diketuai oleh seorang pejabat dari Departemen Perhubungan.



Syarat Pencaker :
  • Usia :
    • Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 untuk semua jenjang pendidikan (S1 / D3) dan SMK / SMU atau sederajat
    • Berusia Setinggi-tingginya pada tanggal 1 Desember 2014 :
      • Berusia 27 tahun bagi pelamar sebagai RESCUER
      • Berusia 35 tahun bagi pelamar NON RESCUER
  • Bagi Pelamar RESCUER
    • Untuk pelamatr pria memiliki tinggi badan min 163cm serta memiliki berat badan normal
    • Untuk pelamar wanita memiliki tinggi badan min 155cm serta memiliki berat badan normal
    • Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS
    • Mampu berenang dan apabila diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional Wajb menyerahkan fotokopi sertifikat renang
    • Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar
  • Rata-rata nilai STTB dan Indek prestasi kumulatid (IPK)
    • bagi yang berijazah SMK.SMU / Sederajat memiliki nilai rata-rata STTB >= 7.00
    • Bagi pelamar yang berijazah S1 atau D3
      • Lulusan perguruan tinggi Negeri / Swasta dengan Program studi Terakreditasi A, nilai IPK >= 2.75
      • Lulusan perguruan tinggi Negeri / Swasta dengan Program studi Terakreditasi B, nilai IPK >= 3
  • Bagi yang berijazah S1 atau D3 mampu berbahasa inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL min 400 dan apabila dinyatakan diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional wajib menyerahkan sertifikat TOEFL tersebut
  • Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat
  • Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat



Tata Cara Pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional :
  1. Pendaftaran dilakukan secara ONLINE melalui portal web nasional untuk pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional yaitu di http://panselnas.menpan.go.id dibuka mulai hari rabu tanggal 20 Agustus 2014 samapai dengan hari rabu tanggal 3 September 2014
  2. Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara ONLINE dan oleh sistem dinyatakan memenuhi syarat akan mendapatkan KARTU TANDA BUKTI REGISTRASI CPNS Badan SAR Nasional tahun 2014 yang harus dicetak.
  3. Kemudian berkas administrasi pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional , yang terdiri dari :
  1. Surat lamatan yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar yang ditujukan kepada :
    Kepala Badan SAR Nasional
    Up. Panitia Penerimaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014
    di Jakarta
  2. Fotocopy hasil cetak KARTU TANDA BUKTI REGISTRASI CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014
  3. Fotocopy sah Ijazah dan transkrip nilai yang sesuai debgan kualifikasi pendidikan dan dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan bidang akademik, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik, atau Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
  4. Fotocopy penetapan akreditasi program stud oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi
  5. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm (hitam putih) 2 (dua) lembar
  6. Fotocopy kartu tanda penduduk yang masih berlaku

Kelengkapan administrasi Pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014 dikirimkan secara terpusat ke Kantor Pusat Badan SAR Nasional melalui :

PO BOX 1313 JKP 10013

Formasi CPNS Badan SAR Nasional :

LIHAT FORMASI CPNS DISINI
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2014. Bandung Berkarya - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger