CPNS Kementerian Pertanian

Wednesday, August 20, 2014


Kementerian Pertanian (dahulu Departemen Pertanian, disingkat Deptan) adalah salah satu Kementerian di Indonesia yang membidangi urusan pertanian, perkebunan dan peternakan. Kementerian Pertanian Republik Indonesia dipimpin oleh seorang Menteri Pertanian. Sejak 22 Oktober 2009, Menteri Pertanian dijabat oleh Suswono. Departemen Pertanian didirikan pada tanggal 1 Januari 1905 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda tanggal 23 September 1904 No. 20 Staatsblaad 982 yang didasarkan pada Surat Keputusan Raja Belanda No. 28 tanggal 28 Juli 1904 (Staatsblaad No. 380). Direktur Pertama Departemen Pertanian adalah Dr. Melchior Treub. Pada masa penjajahan Belanda urusan pertanian ditangani oleh Departement van Landbouw, Departement van Landbouw, Nijverheid en hendel dan Departement van Ekonomische Zaken (1934). 

Lowongan CPNS Kementerian Pertanian - Sedangkan pada masa pendudukan jepang, Gunseikanbu Sangyobu yang berperan dalam menangani urusan pertanian. Menteri Pertanian RI Suswono memberikan apresiasi kepada pemimpin dan perwakilan dari perusahaan swasta nasional dan asing, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Penelitian, Organisasi Internasional, Asosiasi, sertaorganisasi petani atas kerja keras, upaya yang tak kenal lelah dan dukungandalam keberhasilan PISAgro (Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture). Didirikan pada tahun 2014, Kemitraan Indonesia untuk Pertanian Berkelanjutan atau yang lebih dikenal dengan PISAgro adalah kemitraan publik-swasta yang diprakarsai pemerintah Indonesia dan perusahaan swasta untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dengan cara meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan petani kecil. Dalam rangka memperluas jaringan bisnis terbaru bulan Agustus 2014 dan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia Kementerian Pertanian di Lowongan CPNS



Syarat Umum Pencaker :
  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Memiliki Integritas tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  3. Tidak berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  6. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  8. Mengerti/menguasai penggunaan komputer (office) dan internet (browsing dan surat elektronik).
Syarat Khusus Pencaker : 
  1. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai kebutuhan (Rincian Formasi menyusul).
    Memiliki Ijazah dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  2. Pertanian/Peternakan (tidak termasuk perikanan dan kehutanan).
  3. Memiliki Ijazah dari perguruan tinggi negeri atau swasta, untuk ijazah perguruan tinggi swasta program studi harus terakreditasi minimal B. 
  4. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan akreditasi B, maka pada saatnya wajib melampirkan Surat Keputusan BAN PT (bukan sertifikat BAN-PT) dan pada saat lulus masih berlaku. (Surat Keterangan Tanda Kelulusan TIDAK BERLAKU).
  5. Memiliki Nilai rata-rata/Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal sebagai berikut :
    • Nilai rata-rata ijazah minimal untuk SMK Pertanian/ Peternakan = 6,0.
    • Nilai IPK minimal untuk D3 = 2,50.
    • Nilai IPK minimal untuk S1/D4 = 2,50.
    • Nilai IPK minimal untuk S2 = 3,00.
  6. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada 1 JANUARI 2015 (maksimal kelahiran tanggal 1 Januari 1980).
  7. Memiliki Surat Keterangan Kesehatan Kejiwaan sehingga layak menjadi CPNS secara kejiwaan dari dokter Psikiatri RS Pemerintah (diserahkan pada saat Tes Kompetensi Bidang).
  8. Memiliki Sertifikat TOEFL minimal nilai 400 untuk D4, S1 dan S2 yang diterbitkan oleh lembaga yang berwenang  (diserahkan pada saat Tes Kompetensi Bidang).

Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian :
  1. Proses registrasi lamaran secara on-line melalui website resmi http://sscn.bkn.go.id/ yang ditentukan merupakan tahapan paling penting.  Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan dengan baik  seluruh data dan dokumen yang diperlukan.
  2. Ketidaksesuaian antara isian pada database pelamar dengan dokumen pendukung pelamar akan berakibat pada ketidaklulusan pelamar pada tahap pertama (seleksi pertama).
  3. Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus tidak berhak melakukan registrasi lamaran dan apabila tetap melakukan registrasi lamaran maka bukti registrasi dinyatakan tidak berlaku.
  4. Persyaratan melakukan registrasi lamaran secara online adalah sebagai berikut :
    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/e-KTP yang masih berlaku (Selain KTP, kartu pengenal lain tidak berlaku);
    2. Ijazah dan Transkrip Nilai sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar;

CPNS Badan SAR Nasional


Basarnas mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan, serta memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR nasional dan internasional. Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran dan/atau penerbangan, dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah yang dimaksud meliputi 2 hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue). Dalam melaksanakan tugas penanganan musibah pelayaran dan penerbangan harus sejalan dengan IMO dan ICAO.

Lowongan CPNS Badan SAR Nasional - Sejarah Basarnas dimulai dengan terbitnya Keputusan Presiden No 11 Tahun 1972 tanggal 28 Februari 1972 tentang Badan SAR Indonesia (BASARI), dengan tugas pokok menangani musibah kecelakaan dan pelayaran. BASARI berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Presiden dan sebagai pelaksanan di lapangan diserahkan kepada PUSARNAS (Pusat SAR Nasional) yang diketuai oleh seorang pejabat dari Departemen Perhubungan.



Syarat Pencaker :
  • Usia :
    • Berusia serendah-rendahnya 18 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 untuk semua jenjang pendidikan (S1 / D3) dan SMK / SMU atau sederajat
    • Berusia Setinggi-tingginya pada tanggal 1 Desember 2014 :
      • Berusia 27 tahun bagi pelamar sebagai RESCUER
      • Berusia 35 tahun bagi pelamar NON RESCUER
  • Bagi Pelamar RESCUER
    • Untuk pelamatr pria memiliki tinggi badan min 163cm serta memiliki berat badan normal
    • Untuk pelamar wanita memiliki tinggi badan min 155cm serta memiliki berat badan normal
    • Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah hingga diangkat sebagai PNS
    • Mampu berenang dan apabila diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional Wajb menyerahkan fotokopi sertifikat renang
    • Memenuhi persyaratan fisik dan kesehatan dasar
  • Rata-rata nilai STTB dan Indek prestasi kumulatid (IPK)
    • bagi yang berijazah SMK.SMU / Sederajat memiliki nilai rata-rata STTB >= 7.00
    • Bagi pelamar yang berijazah S1 atau D3
      • Lulusan perguruan tinggi Negeri / Swasta dengan Program studi Terakreditasi A, nilai IPK >= 2.75
      • Lulusan perguruan tinggi Negeri / Swasta dengan Program studi Terakreditasi B, nilai IPK >= 3
  • Bagi yang berijazah S1 atau D3 mampu berbahasa inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL min 400 dan apabila dinyatakan diterima sebagai CPNS Badan SAR Nasional wajib menyerahkan sertifikat TOEFL tersebut
  • Tidak bertato terkecuali pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat
  • Tidak bertindik terkecuali bagi wanita hanya untuk anting/giwang atau pelamar dari daerah tertentu yang dapat dibuktikan karena tuntutan adat



Tata Cara Pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional :
  1. Pendaftaran dilakukan secara ONLINE melalui portal web nasional untuk pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional yaitu di http://panselnas.menpan.go.id dibuka mulai hari rabu tanggal 20 Agustus 2014 samapai dengan hari rabu tanggal 3 September 2014
  2. Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara ONLINE dan oleh sistem dinyatakan memenuhi syarat akan mendapatkan KARTU TANDA BUKTI REGISTRASI CPNS Badan SAR Nasional tahun 2014 yang harus dicetak.
  3. Kemudian berkas administrasi pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional , yang terdiri dari :
  1. Surat lamatan yang ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditanda tangani sendiri oleh pelamar yang ditujukan kepada :
    Kepala Badan SAR Nasional
    Up. Panitia Penerimaan CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014
    di Jakarta
  2. Fotocopy hasil cetak KARTU TANDA BUKTI REGISTRASI CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014
  3. Fotocopy sah Ijazah dan transkrip nilai yang sesuai debgan kualifikasi pendidikan dan dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan bidang akademik, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik, atau Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
  4. Fotocopy penetapan akreditasi program stud oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi
  5. Pasfoto terbaru ukuran 3x4 cm (hitam putih) 2 (dua) lembar
  6. Fotocopy kartu tanda penduduk yang masih berlaku

Kelengkapan administrasi Pendaftaran CPNS Badan SAR Nasional Tahun 2014 dikirimkan secara terpusat ke Kantor Pusat Badan SAR Nasional melalui :

PO BOX 1313 JKP 10013

Formasi CPNS Badan SAR Nasional :

LIHAT FORMASI CPNS DISINI

CPNS Badan Koordinasi Keamanan Laut

Badan Koordinasi Keamanan Laut atau BAKORKAMLA merupakan lembaga nergara yang bertugas mengkoordinasikan penyusunan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan operasi keamanan laut secara terpadu. Badan Koordinasi Keamanan Laut pada awalnya telah dibentuk tahun 1972 melalui Keputusan Bersama Menteri Pertahanan dan Keamanan / Panglima Angkatan Bersenjata, Menteri Perhubungan, Menteri Keuangan, Menteri Kehakiman, dan Jaksa Agung, Nomor : KEP/B/45/XII/1972; SK/901/M/1972; KEP.779/MK/III/12/1972; J.S.8/72/1;KEP-085/J.A/12/1972 tentang Pembentukan Badan Koordinasi Keamanan di Laut dan Komando Pelaksana Operasi Bersama Keamanan di Laut. Wilayah laut NKRI diperkirakan, mencapai 5,8 juta km² atau kurang lebih 75 % dari total luas wilayah. Kawasan laut tersebut terdiri dari perairan laut wilayah (teritorial) 0,8 % juta km².

Lowongan CPNS Badan Koordinasi Keamanan Laut - Perairan laut nusantara (kepulauan) 2,3 juta km², dan kawasan Zona Ekonomi Eksklusif 2,7 juta km². Posisi geografis Indonesia yang strategis, memiliki 3 (tiga) Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yaitu selat malaka, selat lombol, selat sunda. Kedaulatan (sovereignty) dan hak berdaulat (sovereignty right) Negara atas laut merupakan hak negara untuk melakukan pengaturan, pengawasan, perlindungan, dan pengolahan atas laut guna melindungi kepentingan nasional di laut. Oleh karena itu, agenda pengamanan laut Indonesia yang komprehensif dan terpadu meruapakan suatu keharusan.

Syarat Umum Pencaker :
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Pada tanggal 1 Desember 2014 berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima), lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun dan paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat pelamaran, bagi yang bekerja pada instansi atau  lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 tahun pada 17 Apil 2002
  3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI, atau BUMN/BUMD;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik;
  6. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
  7. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan formasi jabatan;
Berkas Lamaran :
  1. Pas foto ukuran 3x4 berwarna berlatar belakang merah
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang
  4. Bagi yang berusia dari 35 tahun sampai dengan 40 tahun dan mempunyai masa pengabdian pada instansi pemerintah / lembaga swasta yang berbadan hukum selama paling kurang 5 tahun sesuai dengan peraturan kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 9 tahun 2012 wajib melampirkan fotocopy sah surat keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan terakhir


Catatan :
Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus seluruh rangkaian Tes CPNS Badan Koordinasi Keamanan Laut dan selanjutnya diusulkan untuk memperoleh NIP hrus melengkapi surat-surat antara lain :

  1. Surat keterangan pencari kerja (kartu kuning) dari Depnaker
  2. Surat keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres
  3. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Dokter

Tata Cara Pendaftaran CPNS Badan Koordinasi Keamanan Laut :
  1. Setelah mendapatkan password melalui portal nasional, maka calon peserta melakukan resgistrasi ke website Penerimaan CPNS BAKORKAMLA tahun 2014 yaitu via alamat : http://www.bakorkamla.go.id atau http://www.ecpnsbakorkamla.go.id
  2. Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur dan dibenarkan hanya melamar 1 jenis formasi jabatan saja
  3. Pelaksanaan ujian Penerimaan CPNS BAKORKAMLA tahun 2014 dilaksanakan di JAKARTA


Formasi CPNS Badan Koordinasi Keamanan Laut :

LIHAT FORMASI CPNS DISINI

CPNS Kementerian Perdagangan

Kementerian Perdagangan (dahulu Departemen Perdagangan, disingkat Depdag) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perdagangan. Kementrian Perdagangan merupakan kementria yang mempunyai tugas untuk membantu Presiden Republik Indonesia dalam melaksanakan penyelenggaraan sebagian tugas pemerintah dalam bidang perdagangan. Tugas tersebut melingkupi perumusan kebijakan, pengawasan, pelaksanaan, serta penyampaian laporan pada Presiden Republik Indonesia mengenai bidang perindustrian. Kementerian ini pada intinya mengurus bagian komersil yang telah diatur oleh negara Indonesia. Kementerian perdagangan Indonesia berfokus pada urusan perdagangan Internasional serta telah dirancang untuk memberikan bantuan pada peserta industri untuk menjadi industri yang mempunyai peran yang lebih luas lagi.

Lowongan CPNS Kementerian Perdagangan - Kementerian Perdagangan mendorong peserta industri untuk masuk dalam perdaganghan luar negeri. Kementerian Perdagangan dipimpin oleh seorang Menteri Perdagangan (Menperdag) yang sejak tanggal 19 Oktober 2011 dijabat oleh Gita Wirjawan. Kementerian Perdagangan senantiasa membuka pintu informasi mengenai berbagai kegiatan dan kebijakan perdagangan kepada seluruh masyarakat. Kementerian Perdagangan memandang penting menyampaikan perkembangan sektor perdagangan secara luas kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya karena sektor perdagangan merupakan salah satu sektor penting dalam kegiatan perekonomian. Dalam kaitan tersebut, Kementerian Perdagangan berusaha meningkatkan sarana pelayanan informasi melalui Situs Kementerian Perdagangan. Situs ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan sektor perdagangan dengan memuat informasi mengenai kebijakan perdagangan, data terbaru dalam kegiatan perdagangan Indonesia, kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Sektor Perdagangan, profil Kementerian Perdagangan, dan hal-hal informatif lainnya.

Syarat Umum Pencaker :

  • Warga Negara Indonesia;
  • Berusia min 18 tahun dan max 15 tahun per 31 januari 2014
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon/Anggota TNI/POLRI, atau BUMN/BUMD;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota dan/atau pengurus partai politik;
  • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
  • Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan formasi jabatan;
  • Sehat jasmani dan rohani.
Persyaratan Khusus :
  • Diutamakan lulus perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang terakhreditasi A oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi yang dibuktikan dengan nomor SK dari BAN PT dan tertera pada ijazah
  •  Diutamakan memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) 3.00 dibuktikan dengan salinan transkrip nilai akhir
  • Diutamakan memiliki skor TOEFL >= 550
  • Bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri ijazah harus mendapat pengesahan dari DIRJEN pendidikan tinggi disertai dengan konversi IPK ke dalam skala 4

Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Perdagangan :
  1. Kemudian pelamar akan mendapatkan EMAIL konfirmasi untuk melakukan pendaftaran di Website Kementerian Perdagangan
  2. Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara ONLINE melalui http://www.rekrutmen.kemendag.go.id setelah 1x24 jam melakukkan pendaftaran pelamar harus memasukan username dan password yang didapat dari email
  3. Setiap pelamar dapat memilih paling banyak 3 (tiga) Lowongan Formasi CPNS Kementerian Perdagangan sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki
  4. Pendaftaran / lamaran yang dikirim selalai melalui mekanisme pendaftarna secara ONLINE dinyatakan TIDAK BERLAKU
  5. Mengirimkan berkas persyaratan dalam bentuk SOFTCOPY kepada panitia secara ONLINE melalui web Kementerian Pergagangan dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Dokumen yang harus dikirimkan :
      1. Ijazah pendidikan terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang disyaratkan
      2. Transkrip nilai
      3. Sertifikat TOEFL yang masih berlaku sampai dengan bulan September 2014, sertifikat yang diterima adalah PAPER BASED TOEFL,INTERNET BASED TOEFL, TOEIC dan IELTS TEST
    • Pasphoto berwarna terbaru.
    • Spesifikasi dokumen yang dikirimkan :
      • Dokumen dalam bentuk gambar hasil SCAN dari dokumen asli
      • Ekstensi : jpg / jpeg
      • Ukuran max L 512 kb / dokumen
      • Penamaan dokumen : nama pelamar_nama dokumen
      • Setiap dokumen harus terlihat dan terbaca secara jelas
  6. Pelamar yang mengirimkan dokumen yang tidak lengkap dan tidak sesuai dinyatakan GUGUR

Formasi CPNS Kementerian Perdagangan :

LIHAT FORMASI CPNS DISINI

Bank Indonesia


Bank Indonesia membuka kesempatan kepada Putra Daerah terbaik bangsa yang memiliki integritas tinggi, ketelitian, kompetensi dan minat di bidang perkasan, untuk bergabung sebagai calon Kasir Yunior dan Asisten Kasir di 40 kantor wilayah Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Bank Indonesia membuka kesempatan kepada Putra Daerah terbaik bangsa yang memiliki integritas tinggi, ketelitian, kompetensi dan minat di bidang perkasan, untuk bergabung sebagai calon Kasir Yunior dan Asisten Kasir di 40 kantor wilayah Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

PERSYARATAN :
1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Laki-Laki
3. Tinggi badan minimal 160 cm
4. Pendidikan: 
     - Kasir Yunior: S1 (IPK minimal 2,75 dari skala 4) 
     - Asisten Kasir: D3 (IPK minimal 2,5 dari skala 4) 
5. Usia per tanggal 15 Agustus 2014 : 
     - 24 - 28 tahun untuk Kasir Yunior 
     - 20 - 24 tahun untuk Asisten Kasir
6. Bersedia menjalani ikatan dinas dan melepas ikatan dinas dari institusi lain
7. Tidak memiliki saudara kandung/ istri yang bekerja sebagai pegawai/ calon pegawai di Bank Indonesia
8. Diutamakan Putra Daerah sesuai wilayah Kantor Bank Indonesia yang di lamar dibuktikan dengan KTP

1. KASIR YUNIOR
 
Kemampuan yang Diharapkan :
 
Menata penyimpanan uang, menjaga, memelihara, merawat serta menyiapkan sarana dan prasarana operasional kas.

Kualifikasi :
  • Keterampilan mengoperasikan komputer
  • Sehat secara fisik dan mental, tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Puskesmas atau Dokter rumah sakit.
  • Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain
  • Tidak memiliki istri atau saudara kandung yang bekerja di Bank Indonesia
  • Diutamakan penduduk asli atau memiliki salah satu orang tua yang merupakan penduduk asli atau bertempat tinggal sesuai wilayah Kantor Bank Indonesia yang dilamar yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP setempat.
Usia : 24 - 28 tahun
Tahun kelahiran minimal 15 Agustus 1990 dan maksimal 15 Agustus 1986 untuk posisi ini.
Pendidikan / Jurusan : S1 / Semua Jurusan

IPK minimum : 2.75

2. ASISTEN KASIR
 
Kemampuan yang Diharapkan :

Menata penyimpanan uang, menjaga, memelihara, merawat serta menyiapkan sarana dan prasarana operasional kas.

Kualifikasi :
  • Keterampilan mengoperasikan komputer
  • Sehat secara fisik dan mental, tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Puskesmas atau Dokter rumah sakit.
  • Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bersedia melepaskan ikatan dinas dengan institusi lain
  • Tidak memiliki istri atau saudara kandung yang bekerja di Bank Indonesia
  • Diutamakan penduduk asli atau memiliki salah satu orang tua yang merupakan penduduk asli atau bertempat tinggal sesuai wilayah Kantor Bank Indonesia yang dilamar yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP setempat.
Usia : 20-24 tahun
Tahun kelahiran minimal 15 Agustus 1994 dan maksimal 15 Agustus 1990 untuk posisi ini.
Pendidikan / Jurusan : D3 / Semua Jurusan

IPK minimum : 2.50

Note : Batas Akhir Registrasi Online Tanggal 22 Agustus 2014

PT ANTAM Tbk


PT ANTAM (Persero) Tbk (ANTAM), a leading Indonesia state owned metals and mining enterprise listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the Australian Securities Exchange (ASX) with its main commodities of nickel, gold, silver, bauxite, coal and alumina, is currently offering highly qualified, dedicated, and motivated talents with high integrity the opportunity to join the Company with the following qualifications:
 
General Requirements: 
  • Excellent command of written and oral English 
  • Willing to be assigned to and relocate to any of ANTAM’s Units/Business Units/Subsidiaries (Southeast Sulawesi, North Maluku, Kalimantan and Java)
  • Maximum age of 35 years old (Experienced); maximum age of 30 years old (fresh graduate)

A. Experienced 
1. Geological Engineer (position code : A1)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Geology
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Should have experience of at least 3 (three) years’ in the field of gold exploration

2. ICT Business Alignment Specialist-Financial (position code: A2)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Accounting/Finance
  • Minimum cumulative grade point average of 3.00 (on a 4-point of scale)
  • Should have experience of at least 3 (three) years’ in the field of Accounting/Finance 
3. ICT Application & Database Development Specialist (position code: A3)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Informatics Engineering/Computer Science/Information System/Electrical Engineering/Computer Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 3.00 (on a 4-point of scale)
  • Should have experience of at least 3 (three) years’ in the field of Application Development

4. Accounting (position code : A4)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Accounting 
  • Minimum cumulative grade point average of 3.00 (on a 4-point scale) 
  • Should have experience of at least 3 (three) years’ in the accounting field particularly at a Public Company or as Auditor in Public Accounting Firm
  • Preferably having experience with the preparation of consolidated financial statements of a Public Company
  • Familiar with Financial Accounting Standards and IFRS
  • Willing to work in tight schedule.

B. Fresh Graduate


1. Metallurgical Engineer (position code : B1)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Metallurgical Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the Metallurgical Engineering/Business Development & Engineering

2. Mechanical Engineer (position code : B2)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Mechanical Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Mechanical Engineering
  • Having good analysis skill and a good writing of the report

3. Civil Engineer (position code : B3)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Civil Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Civil Engineering

4. Electrical Engineer (position code : B4)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Electrical Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Electrical Engineering

5. Instrumentation Engineer (position code : B5)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Electrical Engineering (focusing on Instrumentation)/Physics Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 2.75 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Electrical Engineering (focusing on instrumentation)/Physics Engineering

6. Industrial Engineer (position code : B6)
  • Minimum requirement of Bachelor Degree (S1) in Industrial Engineering
  • Minimum cumulative grade point average of 3.00 (on a 4-point scale)
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Industrial Engineering
  • Preferably having experience of at least 2 (two) years’ in the field of Human Resources Management

Application Terms and Conditions: 
  1. Applicant must complete ANTAM’s Employment Application Form in Microsoft Excel format, which can be downloaded at link below (form attached in Bahasa Indonesia).
  2. Applicant must also submit copies of Degree certifications or temporary degree verification statements and transcripts.
  3. Experienced applicants are required to provide evidence of work experience.
  4. Completed application forms and requirement document must be submitted by email to recruitment@antam.com with the subject line is showing the code of position you are applying
  5. The application deadline is August 13, 2014 at 12.00 PM.
  6. Applications are considered valid if completed in full in ANTAM’s Employment Application Form.

Eligible applicants who meet the administrative requirements will be notified of the application status no later than August 25, 2014 through recruitment@antam.com. Regrettably, applicants who are not notified after such date are deemed unqualified.

No cost is incurred for any recruitment process. We strongly advise your utmost attention for any individuals who are fraudulently claiming to be recruiters for ANTAM, but are in no way affiliated with ANTAM.

Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa

Saat ini pelaku bisnis online semakin meningkat, hal ini dikarenakan perkembangan teknologi internet yang memadai sertakomputer dan gadget yang semakin murah. Bisnis online sangat mudah dilakukan, semua profesi dapat menjadikan bisnis online ini sebagai pekerjaan sampingan, mahasiswa juga sangat cocok menjadi pelaku pebisnis online.

Banyak faktor kenapa mahasiswa cocok untuk menjadi pelaku bisnis online. Faktor-faktornya adalah
 
1. Waktu 

Seorang mahasiswa sangat mudah mengatur jadwal kesehariannya, waktu kuliah yang jelas, terkadang dalam sehari hanya kuliah 2 jam hingga 4 jam, sehingga sisa waktu mahasiswa dapat fokus dan mengembangkan bisnis onlinenya.

2. Internet


Menjadi seorang mahasiswa tidak perlu takut dengan internet. Pastinya setiap kampus sudah memiliki koneksi internet gratis, sehingga Anda sebagai mahasiswa dapat memanfaatkan internet gratis yang disediakan oleh kampus untuk mengembangkan bisnis online.

3. Komunitas atau Jaringan


Mahasiswa pastinya memiliki banyak jaringan atau komintas. Manfaatkanlah komunitas ini sebagai pasar untuk menjual produk Anda, selain itu bisa juga dijadikan sebagai marketing produk yang Anda jual. Dengan memiliki banyak komunitas, pastinya Anda harus sering membicarakan bisnis online Anda, bisa berupa menyebarkan link toko online Anda atau hanya meminta share ke teman-teman komunitas.


Adapun bisnis online yang sangat memungkinkan dilakukan oleh mahasiswa adalah :
 
1. Jersey
Jersey sangat familiar dikalangan mahasiswa, karena rata-rata mahasiswa sangat fanatik dengan klub bola yang bermain di liga sepak bola dunia. Setiap mahasiswa yang memiliki klub bola pasti ingin memiliki jersey klubnya tersebut. Selain itu sebagai pebisnis jersey online, Anda bisa menjadi dropshipper dan sangat mudah menemukan supplier.

2.Kaos Kreatif
Jika Anda kreatif dalam membuat kaos dengan kata-kata unik seperti kaos yang bertuliskan “ Tuhan selalu bersama mahasiswa tingkat akhir”, “ lulusan sarjana merupakan menantu idaman”,kaos-kaos tersebut bisa Anda tawarkan ke teman-teman Anda.

3. FashionWanita
Khusus untuk bisnis online fashion wanita, cocok untuk dilakukan oleh mahasiswi, karena mahasiswi lah yang paling tahu tentang fashion yang lagi trend dikalangan kampus.

4. Handmade
Bisnis online handmade juga cocok untuk kalangan mahasiswi. Handmade membutuhkan kreativitas yang unik sehingga bisa dijual ke teman-teman lainnya. Bisnis online handmade berupa barang bekas yang bisa dijadikan sesuatu yang unik bisa berupa tas, hiasan meja, tempat pensil, dan lain-lain.

Pengusaha Muda yg Sukses Berbisnis Real Estate

Apa yang pertama kali muncul di benak anda bila mendengar kata “bisnis real estate”? Tentu saja kebanyakan orang membayangkan bahwa bisnis real estate adalah salah satu bisnis yang mahal dan terkesan sangat borju. Bisnis real estate biasanya dirintis oleh pria pengusaha yang sudah cukup berumur dan sudah sangat berpengalaman di bidang properti. Turun naik mobil sambil mengecek proyek yang tengah dijalankan. Wow, serasa keren sekali.

Tapi profil pengusaha muda nan sukses yang satu ini akan mengubah pandangan anda mengenai bisnis real estate. Sosok wanita cantik belia yang satu ini memang tergolong sebagai sosok pengusaha yang brilian dalam memanfaatkan peluang hingga dapat sukses di usia yang terbilang masih sangat muda. Dialah Hj. Harfana Alwi yang akrab disapa dengan panggilan Anha.

Perjalanan Hidup Seorang Anha


Anha adalah seorang wanita kelahiran Bone, Sulawesi Selatan 26 September 1990. Anak pertama dari tiga bersaudara ini lahir di lingkungan keluarga yang bercukupan dan memiliki banyak keahlian di bidang wirausaha. Begitu banyaknya potensi dan keahlian yang dimiliki keluarga Anha membuat Anha sangat akrab dengan dunia bisnis sejak kecil.

Hal ini semakin terasah seiring dengan bertambahnya umur Anha. Kini Anha menjadi direktur utama PT. Harfana Halim Indah sekaligus terdaftar sebagai salah satu mahasiswa jurusan kedokteran Universitas Hassanudin.

Awal Mula Berdirinya PT. Harfana Halim Indah

Tak ada bisnis yang tak dimulai dari nol. Berdirinya PT. Harfana Halim Indah dimulai dari ketekunan ayah Anha, H Muhammad Alwi yang tadinya berprofesi sebagai tukang gigi. Ayah Anha giat menyisihkan sebagian dari penghasilannya sebagai tukang gigi untuk ditabung di bank. Berbekal sedikit tabungan dan tambahan modal dari kakek Anha yang berprofesi sebagai petani, ayah Anha akhirnya bertekad untuk memulai usaha di bidang properti pada tahun 1985.

Pada tahun-tahun awal berdirinya usaha properti tersebut, ayah Anha seringkali mengalami kendala di bidang modal. Namun berkat usaha keras serta keberanian untuk mengajukan pinjaman dana ke bank membuat usaha properti tersebut lambat laun semakin berkembang dan bisa mencapai hasil yang diinginkan. Perusahaan properti bernama PT. Harfana Halim Indah tersebut berkembang dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu.

Hingga tibalah waktu bagi Anha untuk ikut serta membangun perusahaan yang sudah dirintis oleh ayah dan kakeknya. Dengan pengetahuan akademisnya yang modern, Anha juga turut memberikan sentuhan inovasi pada sistem organisasi PT. Harfana Halim Indah. Inovasi tersebut akhirnya mampu meningkatkan loyalitas dan kepercayaan para pelanggan untuk senantiasa menggunakan layanan yang disediakan oleh PT. Harfana Halim Indah dalam bidang jasa dan obyek properti.

Strategi Bisnis Real Estate ala Harfana Alwi

Anha memiliki strategi bisnis tersendiri dalam memenangkan persaingan di bidang bisnis real estate. Salah satu strategi yang digunakannya adalah dengan membidik lokasi-lokasi strategis di perkotaan yang belum banyak dijangkau para pesaing. Membangun lokasi yang strategis dengan akses transportasi umum dan lingkungan yang nyaman akan memancing ketertarikan para pelanggan dan investor.

Anha mampu membawa PT. Harfana Halim Indah untuk berekspansi ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan selain Bone seperti Bombana dan Palopo. Beberapa proyek real estate PT. Harfana Halim Indah antara lain BTN Harfana Halim Indah Permai, BTN Alam Indah Permai, Bomana Indah Permai, Perumnas Tibojong Indah Permai dan Palopo Harfana Indah Permai. Hingga saat ini Anha masih berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke daerah-daerah Sulawesi lainnya seperti Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Kesuksesan bisnis keluarga yang dikelola oleh Harfana Alwi dan ayahnya membuktikan bahwa keterampilan dan perilaku yang bijak dalam berbisnis menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis apapun. Betapa pentingnya mengarahkan putra putri anda untuk ikut andil dalam mengembangkan bisnis anda tanpa mengabaikan minat dan bakat mereka. Dedikasi anda terhadap perkembangan bisnis lambat laun akan menumbuhkan minat anak anda untuk ikut terjun ke bidang yang sama.

Fenomena Jilboobs, Busana Muslim Atau Gejala Kemerosotan Moral ?

Apa pendapat anda soal Fenomena Jilboobs yang kini lagi trend, bukan hanya di perkotaan saja, bahkan juga sudah merambah sampai kepedesaan, dari mulai remaja sampai ibu-ibu, pokoknya udah nggak karuan lagi deh, semuanya rame-rame pakai Jilboobs.

Hampir semuanya pakai Jilboobs, kaos ketat, celana jeans karet yang ngepres banget dan kesannya sengaja memamerkan lekukan body masing-masing, tanpa melihat lagi bentuk bodynya sendiri apakah enak dipandang mata, atau malah bikin sepet mata dan jadi bahan tertawaan orang...

Karena yang pakai Jilboobs bukan hanya remaja cantik yang bodynya bagus dan bikin mata kita melotot, bahkan sampai nenek-nenek yang udah punya cucu 5 pun ikut-ikutan model yang nggak jelas ini.

Minggu lalu kebetulan iseng jalan2 dari Jawa Barat sampai ke Jawa Tengah, alamak hampir di semua tempat wisata, kebanyakan ceweknya pakai jilboobs semua, dari mulai tempat wisata rakyat, sampai ke salah satu resort baru yang agak terpencil di Salatiga dengan fasilitas bintang 4, yang notabene merupakan tempat wisata kelas menengah.

Kesimpulannya fenomena jilboobs ini terjadi pada semua lapisan masyarakat, hampir semuanya mengikuti aliran Jilboobs Mania yang bukan cuma pamer lekukan dadanya saja yang menonjol, sampai-sampai lipatan diantara pangkal paha mereka juga kelihatan jelas belahannya (sorry ini kenyataan, bukan porno lho) 


Dengan fenomena Jilboobs yang seperti ini, pertanyaannya sederhana saja, :

1. Apakah Jilboobs itu termasuk Busana Muslim ?

2. Sadarkah para Jilboobs Mania ini, bahwa mereka tengah menghina agamanya sendiri ? Meskipun saya awam nggak tahu agama, tapi saya yakin, mau tanya sama ustad manapun, jawabannya kurang lebih sama, tidak diperbolehkan !

3. Trend mode seperti ini mungkin bukan masalah Benar atau Salah, tapi lebih pada persoalan Moral, Kepatutan dan Kepantasan mengenakan busana sebagai seorang Muslimah, itu saja. Karena cara dan model berbusana seseorang, itu adalah bagian dari hak asasi manusia yang tidak bisa di larang oleh siapapun

Nah apa pendapat anda soal fenomena Jilboobs ini ?

Ini Keunggulan Tiket Anyar Laga Kandang PERSIB

Ada yang berbeda dari tiket pertandingan kandang PERSIB Bandung dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League 2014 pada putaran kedua menghadapi Persijap Jepara pada Selasa (19/8). Pada penyelenggaraan pertandingan kali ini tiket masuk penonton didesain seperti kartu.

Secara fisik, tiket cukup ringan dan mudah dibawa. Selain itu, dalam edisi kali ini diberi  simbol hitam yang menggambarkan duka cita Bobotoh akan kepergian panglima Viking, Ayi Beutik yang berpulang karena sakit beberapa waktu lalu.

"Tiket kali ini memang berbeda. Untuk pertandingan kandang akan menggunakan tiket dengan bentuk baru ini. Kalau untuk edisi hari ini khusus untuk mengenang Mang Ayi Beutik," tutur General Coordinator Panpel PERSIB, Budhi Bram Rachman di Stadion Si Jalak Harupat.

Seperti diberitakan sebelumnya, desain kartu tiket masuk penonton kali ini dihias dengan gambar pemain PERSIB yang berbeda pada setiap desain kartu untuk membedakan kategori tiket masuk, dan agar bisa dimanfaatkan bagi para penonton yang gemar mengoleksi untuk saling tukar gambar pemain.

Begitupun, pada pertandingan berikutnya menghadapi Persik Kediri, Minggu (24/8) akan dimuat pula gambar-gambar pemain PERSIB lainnya.

Bram menuturkan, tiket kali ini lebih aman dibanding sebelumnya. "Tiket yang ini tidak bisa dilipat-gandakan dengan cepat," ucapnya.

Selain itu, bagi para bobotoh atau suporter setia PERSIB yang gemar mengoleksi apa saja atribut tentang Maung Bandung, tentunya keberadaan tiket ini bisa menjadikan benda memorabilia dan memiliki nilainya yang tersendiri.

"Nilai lebihnya, tiket yang baru ini bisa dikoleksi karena ada gambar pemainnya," terangnya.

Istilah Penting Dalam Twitter dan Artinya

 Kami akan mengulas istilah-istilah yang pernah atau mungkin sering kita temui di dunia Internet. Nantinya akan ada beberapa seri daftar istilah berdasarkan tema yang diangkat. Dan yang akan menjadi tema artikel kali ini adalah istilah penting di media sosial Twitter.
 
Twitter merupakan salah satu social media yang sudah populer selama beberapa tahun belakangan ini. Mengangkat konsep micro blogging,  Twitter mampu masuk sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan netter dan bersaing dengan situs besar seperti Facebook.

Untuk lebih mengenal penggunaan Twitter, yuk kenali dulu beberapa istilah penting dalam Twitter dan juga artinya. Berikut ulasan singkatnya:


1. Direct message (DM)
 
Pesan pribadi dua arah antar pengguna Twitter dengan batasan 140 karakter. Pihak pengirim pesan hanya bisa mengirimkan Direct Message pada pihak yang sudah melakukan mem-follow dirinya. Selain itu, Dua pengguna Twitter yang saling follow dapat berkirim Direct Message.

2. Favorites 
Tweet yang Anda tandai karena dianggap informatif, menarik atau menyentuh. Biasanya tweet yang di favorites ditandai dengan gambar bintang berwarna kuning. Tweet yang telah Anda favorites akan masuk ke daftar favorites Anda sehingga dapat dibaca kembali di lain waktu.

3. Follow 
Suatu tindakan untuk mengikuti timeline dari akun Twitter orang yang di follow. Orang yang saling kenal di dunia nyata biasanya melakukan saling follow di Twitter. Bila orang yang di follow tidak mengunci akun Twitternya, Anda bisa langsung follow dan mengikuti aktivitas timeline nya.

Sedangkan bila orang yang ingin Anda follow ternyata mengunci akunnya, maka request anda akan menjadi notifikasi bagi orang tersebut. Orang tersebut berhak memutuskan apakah akan mengizinkan anda untuk melakukan follow terhadap akun mereka atau tidak.
 
4. Follower 
Kumpulan akun Twitter orang yang sama-sama mem-follow sebuah akun Twitter tertentu. Biasanya seorang follower memutuskan untuk mem-follow sebuah akun Twitter karena tertarik dengan karakteristik tweet yang akun tersebut sampaikan.
 
5. Following 
Status yang menunjukkan bahwa Anda telah mem-follow akun Twitter tertentu. Dengan melakukan following, Anda dapat mengikuti aktivitas Tweet dari sang pemilik akun.
 
6. Unfollow 
Tindakan untuk menyudahi kegiatan follow terhadap akun Twitter tertentu. Ketika Anda melakukan unfollow terhadap sebuah akun Twitter, maka tweet akun tersebut tak akan muncul di timeline Anda.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang meng-unfollow suatu akun. Misalnya karena merasa sudah tidak terganggu dengan isi tweet yang disampaikan atau karena ada konflik dengan sang pemilik akun yang terjadi di dunia nyata. Selain itu, jumah follower pada akun yang anda unfollow akan berkurang secara otomatis. 

7. Tweet 
Tulisan yang dapat Anda posting di timeline Twitter. Jumlahnya tidak melebihi 140 karakter dan biasanya dapat berisi informasi, obrolan, ungkapan hati atau kata-kata motivasi.

Meskipun secara default tweet tersebut dibatasi hanya 140 karakter, sebenarnya para pengguna Twitter tetap bisa menulis tweet dengan panjang lebih dari itu atau bahkan tanpa batas. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Twitlonger, Socialscape, dan lain-lain.
 
8. Retweet (RT) 
Tindakan mem-forward suatu tweet yang ada pada timeline sehingga para follower Anda juga dapat melihat tweet tersebut. Retweet merupakan salah satu attitude Twitter yang sopan karena tetap mencantumkan sumber asli yang pertama kali membuat tweet.
 
9. Timeline 
Suatu daftar tweet dari list dari orang-orang yang sudah Anda follow berdasarkan satuan waktu yang berurutan. Timeline biasanya muncul berurutan berdasarkan kronologi pembuatan tweet. Tweet yang baru saja di posting akan muncul di urutan teratas timeline.
 
10. Hashtag 
Lambang tanda pagar (#) agar pengguna Twitter lainnya dapat mencari kata kunci tertentu dengan mudah dan cepat. Kata kunci yang memakai hashtag terbanyak biasanya akan menjadi trending topic di suatu negara atau bahkan di dunia.
 
11. List 
Fitur Twitter yang dapat digunakan untuk mengelompokkan sejumlah tweet yang berasal dari akun-akun Twitter yang Anda follow. List dapat dibuat untuk mengelompokkan para sahabat, perusahaan kompetitor serta kelompok akun lainnya.
 
12. Mention 
Suatu tindakan untuk memberi tahu seorang pengguna Twiter dengan mencantumkan username nya pada tweet (@username) sehingga orang tersebut akan ikut membaca tweet yang Anda kirimkan. Orang yang di mention akan mendapatkan notifikasi Twitter.
 
13. Trending topic 
Tema bahasan yang sedang menjadi tren di Twitter dan biasanya disertai dengan penggunaan hashtag. Trending topic biasanya berhubungan dengan suatu tema yang sedang hangat dibicarakan oleh para pengguna Twitter.
 
14. Over Heard (OH) 
Tindakan memposting kembali isi Twitter orang lain yang dianggap menarik tanpa mencantumkan sumber aslinya.
 
15. Search 
Fitur berupa kolom yang dapat digunakan untuk mencari sesuatu pada Twitter. Cara penggunaannya cukup dengan mengetikkan kata kunci pada kolom tersebut. Untuk mempermudah proses search, anda dapat menggunakan hashtag (#).

Di atas tadi adalah beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam penggunaan media sosial Twitter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

Memanfaatkan Fasilitas Google+ Communities untuk Bisnis


Google merupakan salah satu perusahaan pencetus teknologi terbesar di dunia yang tidak pernah berhenti berinovasi. Anda dapat menggunakan berbagai produk teknologi hasil inovasi Google untuk berbagai kebutuhan mulai mencari informasi dengan menggunakan mesin pencarian, berkirim surat elektronik hingga melakukan proses edit dokumen bersama-sama. Inovasi yang berkesinambungan tersebut Google menjadi salah satu perusahaan yang paling berpengaruh bagi perkembangan dunia teknologi.

Kini, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan Google untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya yakni melalui Google+ Communities, Anda akan mendapatkan sejumlah kelebihan yang belum atau tidak dimiliki oleh social media lainnya.

Apa saja keunggulan Google+ Communities yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda secara modern? Untuk mengetahui keunggulan tersebut, mari menyimak beberapa informasi mengenai Google+ Communities:

1. Publikasi Konten Komunitas Melalui Indeks Pencarian Google


Publikasi konten komunitas Anda melalui pencarian Google tentu sangat membantu untuk mengembangkan profil bisnis Anda. Semua pengguna Google dapat dengan mudah menemukan komunitas anda melalui fasilitas mesin pencarian Google. Jika Anda berhasil membangun komunitas yang aktif berdiskusi tentang bisnis Anda, maka Anda dapat melakukan posting konten yang secara langsung terhubung dengan anggota komunitas.

Hal ini tentu akan sangat membantu dalam menyebarkan informasi bisnis. Melalui Google+, Anda juga bisa mendapatkan alamat URL untuk setiap konten yang dipublikasikan. Gunakan URL tersebut untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda.

Tentunya bagi mereka yang memiliki usaha berhubungan dengan optimasi SEO akan mendapatkan keuntungan. Karena secara tidak langsung bisa memberikan nilai plus untuk menjadi yang terdepan di daftar pencarian Google.

2. Pilihan untuk Tipe Komunitas yang Anda Bangun

Anda dapat dengan leluasa membuat komunitas privat dimana tidak sembarangan orang dapat masuk ke komunitas Anda melalui Google+. Selain itu, Anda juga dapat membuat komunitas terbuka dimana Anda dapat mengizinkan orang lain untuk ikut bergabung dan memperbesar komunitas tersebut.

3. Dokumentasi Konten dengan Mudah


Anda bisa mendapatkan kemudahan akses untuk berbagi konten melalui fitur discuss pada Google+ Communities. Pilih fitur tersebut untuk mulai berbagi konten dan membuka percakapan lalu simpan hasil diskusi anda dengan fitur archived. Sungguh simpel dan praktis bukan. Arsip konten bisnis yang dibagikan juga dapat dikumpulkan secara mudah dan praktis.

4. Anggota Komunitas bisa Menjadi Tim Anda

Ketika anggota komunitas anda begitu loyal dan mempercayai komunitas bisnis yang Anda bangun, bukan mustahil bahwa anggota tersebut akhirnya dapat mempengaruhi orang lain untuk mulai memahami dan mencintai produk bisnis Anda.

Hal ini sudah dimanfaatkan oleh sejumlah bisnis yang memanfaatkan Google plus secara optimal. Bila anggota komunitas Anda memiliki pemahaman produk dan loyalitas yang baik, manfaatkanlah mereka untuk membantu anda mengembangkan bisnis.

5. Mengevaluasi Jangkauan Komunitas Bisnis

Melalui penggunaan Google+ Communities, anda dapat mengevaluasi komunitas anda dan menemukan pengguna Google+ lainnya yang masih memiliki hubungan dengan komunitas anda. Anda pun dapat mulai menjalin interaksi dengan mereka dan memasukkan mereka ke dalam komunitas anda. Ketika anda mulai melakukan hal ini, mungkin mereka akan tertarik dan mulai menyebarkan konten yang anda posting.

6. Berbagai Fitur Penyaring yang Sangat Membantu

Google+ Communities juga menyiapkan sejumlah fitur lainnya untuk membantu anda mengelola komunitas bisnis online Anda. Misalnya saja fitur close comments untuk menon-aktifkan masuknya komentar-komentar terbaru pada konten yang anda bagikan.

Anda juga dapat memutuskan dengan leluasa apakah Anda mengizinkan konten bisnis anda disebarkan atau tidak dengan menggunakan fitur disable reshares. Fitur-fitur simpel tersebut sangat bermanfaat bagi Anda untuk menentukan arah branding bisnis yang anda kehendaki.

7. Mempelajari dan Membangun Hubungan Antar Komunitas di Google+

Dengan mempelajari gaya diskusi dan pemahaman di komunitas lain, anda memiliki kesempatan emas untuk bergabung dan ikut berdiskusi pada komunitas-komunitas tersebut. Mulailah menjalin relasi dan kerjasama yang baik dengan komunitas lain. Karena hubungan yang baik tersebut mungkin dapat membuka kesempatan kerjasama atau sponsorship yang mampu meningkatkan reputasi bisnis anda di kemudian hari.


Jadi, mulai sekarang jangan ragu-ragu lagi untuk memanfaatkan Google+ Communities sebagai salah satu sarana modern untuk branding bisnis Anda. Manfaatkan sumber daya teknologi yang canggih untuk mengembangkan bisnis anda dengan cara yang modern. Selamat berbisnis!
 
Support : Copyright © 2014. Bandung Berkarya - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger